Pedoman Akuntansi Rumah Sakit

Pedoman akuntansi rumah sakit memang sangat diperlukan saat ini dimana adanya perkembangan teknologi kedokteran yang terus bergerak maju. Selain itu kompetisi di bidang pelayanan kesehatan terus meningkat dan menuntut rumah sakit untuk meningkatkan mutu pelayanan dengan mempergunakan sumberdaya secara lebih efisien. Tuntutan akan keakuratan data dan informasi yang disajikan secara tepat waktu juga menjadi latar belakang perlunya ada pedoman akuntansi rumah sakit.


Pedoman akuntansi rumah sakit ini juga sebagai dasar pembuatan laporan keuangan sebagai bentuk pertanggung jawaban atas pengelolaan sumber daya di bidang keuangan, meliputi transaksi keuangan yang mencakup sumber daya, pendapatan dan beban. Laporan keuangan yang disusun ini bertujuan menyediakan informasi posisi keuangan, kinerja dan perubahan posisi keuangan sehingga dapat dipergunakan sebagai bahan pengambilan keputusan.

Suatu laporan keuangan akan lebih bermanfaat bila informasi yang disajikan dalam laporan keuangan tersebut dapat dipahami, relevan, andal dan dapat diperbandingkan. Dalam rangka upaya tersebut maka perlu dilakukan penataan kembali secara administratif dalam pengelolaan keuangan. Tujuannya adalah agar investasi yang tertanam dalam rumah sakit dapat beroperasi dengan lebih efisien dan efektif dalam penyelenggaraab pelayanan kepada masyarakat.




LihatTutupKomentar