Penyajian Laporan Keuangan Entitas Berorientasi Non Laba

Referensi: PSAK 1 Ruang lingkup PSAK 1 secara substansi telah mencakup ruang lingkup penyajian LK entitas dengan aktivitas nonlaba PSAK 1 tidak menyediakan pedoman penyajian Laporan Keuangan entitas berorientasi non laba.

PSAK 1 – menggunakan terminologi yang cocok bagi entitas yang berorentasi laba.Jika entitas dengan aktivitas non laba menerapkan PSAK 1 maka perlu menyesuaian deskripsi.


Entitas berorientasi non laba berbeda dalam cara memperoleh sumber daya tidak mengharapkan pembayaran kembali atau manfaat ekonomik tidak sebanding dengan sumber daya yang diberikan

Ruang lingkup

Berlaku untuk entitas berorientasi nonlaba terlepas bentuk badan hukumnya. 

Juga berlaku untuk ETAP

Diterapkan khusus untuk penyajian laporan keuangan

Permasalahan

Interpretasi ini membahas bagaimana entitas berorientasi non laba membuat penyesuaian:

Deskripsi yang digunakan unutk beberapa pos dalam laporan keuangan dan;

Deskripsi yang digunakan dalam laporan keuangan itu sendiri

Interpretasi

Penyajian laporan keuangan entitas berorientasi non laba disusun dengan memperhatikan persyaratan, struktur laporan dan persyaratan minimal yang diatur dalam PSAK 1. (par 09)

Entitas berorientasi non laba dapat membuat penyesuaian deskripsi yang digunakan untuk beberapa pos dalam laporan keuangan. Misal: pembatasan sumber daya (par 10)

Entitas berorientasi non laba dapat membuat penyesuaian deskripsi yang digunakan atas laporan keuangan. Misal Judul laporan perubahan aset neto untuk mencerminkan fungsi yang lebih sesuai dengan isi laporan keuangan. (par 11)

Entitas berorientasi nonlaba tetap mempertimbangkan seluruh fakta dan keadaan dalam menyajikan laporan keuangan termasuk catatan atas Laporan Keuangan, sehingga tidak mempengaruhi kualitas informasi yang disajikan dalam Laporan Keuangan.

IAS 1 par 5 mengizinkan  Entitas Berorientasi Non Laba menyesuaikan deskripsi yang digunakan untuk beberapa pos yang terdapat dalam LK dan LK sendiri. PSAK 1 tidak memberikan penjelasan dan contoh lebih penyesuaian tersebut.

Interpretasi dilengkapi contoh ilustrasi Laporan Posisi Keuangan, Laporang Penghasilan Komprehensif, Laporan Perubahan Aset Neto dan Laporan Arus Kas dan Catatan atas Laporan Keuangan.

Contoh dalam interpretasi tidak ditujukan untuk mengilustrasikan seluruh aspek dari Standar Akuntansi Keuangan atau mencakup bentuk yang sesuai untuk  Entitas Berorientasi Non Laba. Contoh dapat berbeda dari kondisi yang terdapat pada  Entitas Berorientasi Non Laba.

Laporan Keuangan Berorientasi Nonlaba

1. Laporan Posisi Keuangan

-Menyajian pos penghasilan komprehensif pada bagian aset neto tanpa pembatasan

-Menyajikan pos penghasilan komprehensif lain secara tersendiri

2. Laporan Penghasilan Komprehensif

- Kolom tunggal

- Menyajikan informasi sesuai dengan klasifikasi aset neto

3. Laporan Perubahan Aset Neto

4. Laporan Arus kas

5. Catatan atas Laporan Keuangan

Kesimpulan

Inkonsistensi peraturan PSAK 1 & 45

PSAK 1 dipahami hanya untuk Entitas Berorientasi Laba

Terminologi PSAK 1: Entitas Berorientasi Laba 

(EB sector public) 

Entitas Berorientasi Non Laba bisa menyesuaikan deskripsi PSAK 1

Entitas Berorientasi Non Laba vs Entitas Berorientasi Laba berbeda

ISAK 35


LihatTutupKomentar