Laporan Keuangan Rumah Sakit

Laporan keuangan rumah sakit memiliki tujuan untuk menyediakan informasi yang bermanfaat bagi pihak yang berkepentingan untuk mengambil keputusan ekonomi yang rasional. Misalnya saja dalam pemberian donatur, investor, kreditur, otoritas pengawasan, pemerintah dan masyarakat. 



Pihak pengguna laporan keuangan rumah sakit memiliki kepentingan bersama dimana laporan  keuangan digunakan untuk menilai jasa yang diberikan oleh rumah sakit dan kemampuannya untuk terus memberikan jasa tersebut. Selain itu laporan keuangan juga menceritakan cara manajemen rumah sakit melaksanakan tanggung jawabnya dan aspek lain dari kinerja mereka.

Beragam informasi dapat diperoleh dari adanya penyajian laporan keuangan. Informasi bermanfaat yang disajikan dalam laporan keuangan antara lain mengenai jumlah dari sifat aktiva, kewajiban dan aktiva bersih rumah sakit. Laporan keuangan juga dapat mengetahui mengenai pengaruh transaksi, peristiwa dan situasi lainnya yang mengubah nilai dan sifat aktiva bersih. Selain itu dapat diketahui jenis dan jumlah arus masuk dan arus keluar dalam suatu periode.

Selain beragam manfat atas laporan keuangan rumah sakit maka laporan keuangan ini juga menjadi saranan pertanggungjawaban manajemen atas penggunaan sumber daya yang telah di percayakan.
LihatTutupKomentar